Ada banyak teknologi yang dirancang untuk mengimbangi pemutusan antara kecepatan pembaruan layar dan kecepatan bingkai gameplay, yang berada di bawah payung kecepatan refresh variabel: VRR memungkinkan keduanya untuk menyinkronkan untuk mencegah artefak seperti robek (di mana sepertinya bagian dari layar yang berbeda berada dicampur bersama-sama) dan gagap (di mana layar diperbarui pada interval yang terlihat tidak teratur). Upaya ini berkisar dari kontrol kecepatan bingkai dasar dalam game hingga implementasi berbasis perangkat keras yang mahal seperti Nvidia G-Sync Ultimate dan AMD FreeSync Premium.
Yang mana yang Anda inginkan?
Saat memilih monitor, sistem VRR mana yang harus dicari tergantung pada kartu grafis mana yang Anda miliki -- terutama sekarang ketika Anda tidak dapat benar-benar membeli GPU baru -- dan game mana yang Anda mainkan, ditambah spesifikasi dan pilihan monitor yang tersedia. G-Sync dan G-Sync Ultimate dan FreeSync Premium dan Pro saling eksklusif; Anda akan jarang (jika pernah) melihat variasi monitor yang sama dengan opsi untuk keduanya. Dengan kata lain, setiap keputusan lain yang Anda buat sangat menentukan skema VRR mana yang Anda dapatkan.
VRR dasar
VRR dasar memungkinkan game menggunakan metode mereka sendiri untuk menyinkronkan dua kecepatan, yang pada PC sering kali berarti game hanya membatasi kecepatan bingkai yang diizinkan. Satu langkah maju dari itu adalah kecepatan refresh adaptif generik, yang menggunakan teknologi tingkat sistem yang diperluas untuk memvariasikan kecepatan pembaruan layar berdasarkan kecepatan bingkai yang keluar dari game. Ini dapat memberikan hasil yang lebih baik daripada VRR biasa selama frekuensi gambar Anda tidak berubah-ubah dalam rentang waktu yang singkat.
G-Sync dan FreeSync Premium
Level serius pertama dari penyegaran adaptif berbasis perangkat keras adalah G-Sync dan FreeSync Premium. Keduanya memerlukan perangkat keras khusus pabrikan di monitor yang bekerja bersama dengan GPU masing-masing untuk menerapkan algoritme yang lebih canggih, seperti kompensasi kecepatan bingkai rendah (AMD) atau overdrive variabel (Nvidia) untuk hasil yang lebih baik dengan overhead kinerja yang lebih sedikit. Mereka juga memiliki ambang batas dasar untuk spesifikasi monitor yang memenuhi kriteria yang sesuai. G-Sync masih hanya berfungsi melalui koneksi DisplayPort untuk monitor karena menggunakan Adaptive Sync DisplayPort, namun, yang membuat frustrasi karena berfungsi melalui HDMI untuk beberapa TV.
(Kata-kata kasar mini: Skema nama ini akan membuat monitor "Kompatibel dengan G-Sync," jadi Anda akan melihat kemampuan dasar yang disebut sebagai "Monitor Kompatibel G-Sync." Itu sangat menyesatkan, karena itu berarti Anda sering diminta untuk membedakan antara huruf besar dan huruf kecil: Kompatibel dengan G-Sync tidak sama dengan kompatibel dengan G-Sync.)
G-Sync Ultimate dan FreeSync Premium Pro
Di bagian atas rantai makanan VRR adalah G-Sync Ultimate dan FreeSync Premium Pro. Keduanya membutuhkan ekosistem dukungan yang lengkap -- permainan dan monitor selain GPU -- dan terutama menambahkan pengoptimalan HDR selain algoritme kompensasi berbasis VRR lebih lanjut.
Opsi berbasis perangkat keras cenderung menambah harga monitor, dan apakah Anda membutuhkan atau menginginkannya benar-benar tergantung pada gim yang Anda mainkan -- jika gim Anda tidak mendukung teknologi ini, tidak ada gunanya membayar ekstra untuk itu. mereka -- seberapa sensitif Anda terhadap artefak dan seberapa buruk keterputusan antara tampilan Anda dan gameplay.